BAHAGIAN KE DUA.

Silman Haridhy

BIOGRAFI
ABUYA SYECH HAJI ABDUL HAMID KAMAL
“Seorang Ulama Bersifat Diplomat”



                                             Unit PerpustakaanYayasan AHKAM
                                                   DAYAH RAUDHATUL ULUM



PENGANTAR

Masa akhir tahun 20-an keadaan gampong-gam­pong di Aceh ma­­sih sangat tergolong udik. Sarana ja­lan hanya da­lam ben­tuk pe­ma­tang sawah. Jika ada ja­lan hanya baru da­lam ben­tuk jalan setapak, be­cek, li­cin dan di waktu malam ten­tu sa­ja gelap gulita. Kea­da­an masya­ra­kat pada waktu itu juga ma­sih sangat se­der­hana, tidak banyak yang dimin­ta, apa­lagi sa­at itu ma­­sih dalam masa penjajahan. Hanya sedikit sa­ja o­rang yang tergolong mampu, dan yang mam­pu itu u­mum­­nya ter­diri dari pemilik lahan ke­bun atau sa­wah ataupun pe­da­gang. Banyak pedagang menjual ba­rang-ba­rang­nya ke dae­rah lain dengan menggunakan pe­ra­hu atau tongkang. Itu­lah sekelumit gambaran ke­hi­du­pan masyarakat pedesa­an sa­at itu, terutama masya­ra­kat yang ting­gal di dae­rah barat dan selatan Aceh. Da­lam keadaan seperti itulah Abdul Hamid di­la­hirkan. Ia la­hir di desa Aron Tunggai Meu­kek pada tahun 1928, be­sar dan ber­se­ko­lah di daerah itu dan selanjutnya o­rang tua beliau hijrah ke Mang­geng dan akhir­nya me­ne­tap di desa Bineh Krueng Tangan-Tangan. Ke­mu­di­an setelah belajar di Pe­san­tren Bustanul Huda Blang­pi­die dan su­dah diangap a­lim, beliau membuka dayah Mim­baryah di Krueng Batee dan selan­jut­nya mem­bu­ka pula pengem­bang­an dayah Rau­dha­tul Ulum di De­sa Alue Pisang Krueng Batee. Walaupun ak­ti­vitas be­liau ba­nyak di Krueng Batee, te­tapi  beliau bertem­pat ting­gal di Blangpidie. Ka­rena itu, da­lam keseharian­nya be­liau ak­tif dalam berbagai pem­bi­naan umat baik di Blang­pidie mau­pun juga di Krueng Batee. Seper­ti­nya da­lam hi­dup be­liau ham­pir ti­dak punya waktu seng­gang. Kegiatan be­liau  setiap ha­ri sampai larut malam. Be­­gi­tu­lah rutinitas yang di­lalui be­liau sepanjang wak­tu.
Sebagaimana banyak diungkapkan sejarah, bahwa pen­duduk di wi­la­yah pantai barat dan selatan aceh se­ba­­ha­gi­an besar pendatang.  Secara pasti dan detail, a­sal muasal pen­du­duk secara rinci belum ada data yang pas­ti. Sampai se­ka­­rang data tentang asal usul pen­du­duk di daerah itu ha­nya me­ng­an­dalkan sumber lisan dan tulisan yang jum­lahnya sa­ngat terbatas. Tetapi khu­sus untuk abuya Haji Abdul Hamid Ka­mal ditilik da­ri abu beliau, abu Syech Ka­ma­luddin berasal dari gam­pong  Lam Asan, Kuta Ba­ro, A­ceh Besar, karena ne­nek be­liau (ayah dari Abu Syech Ka­malud­din) berasal dari gam­­pong Lam Asan Lam Ateuk Kuta Baro Aceh Besar. Be­liau pa­da saat muda merantau dan singgah di Sa­wang Ba’u dan se­­lanjutnya berkeluarga disi­tu. A­dapun nenek dari Abu Syech Kama­lud­din bernama Syech Abdul Karim merupakan  pen­datang dari Arab yang digelar dengan nama Syech Arab. Beliau ada pe­tun­juk be­ra­sal dari Hadharal Maut, danada pu­la data yang menun­jukkan berasal dari  semenanjung  zazirah Arabia. Se­dang­kan ibu beliau berasal dari Aron Tung­gai Meu­kek yang secara ber­keturunan sudah lama menetap di dae­rah itu sehingga asal mua­sal­nya sulit ditelusuri. Karena itu, secara profil phisik Abu Syech Kamaluddin cenderung mirip seper­ti orang arab, kulit putih bersih, tinggi besar dan ram­but se­dikit agak ke­pi­rang-pirangan.
Kakek Abdul Hamid meninggalkan kampung hala­man­­nya di Lam Asan setelah belajar mondok pada be­be­rapa dayah di Aceh. Karena berkeinginan merantau, be­liau meng­­­gunakan tong­kang mengaru-ngi pantai ba­rat Aceh dan ber­labuh di Sawang Ba’u, sebuah gam­pong di tepi pan­tai di ka­wa­san A­ceh Selatan. Sampai hari ini, keluarga besar beliau di desa Lam Asan danLam Ateuk masih dapat ditelusuri dan ma­sih tersam­bung hubungan silaturrahmi. Itulah sekelumit asal mu­asal abuya Haji Abdul Hamid Ka­mal yang dapat di­ung­­kapkan saat ini.
Abuya Haji Abdul Hamid Kamal sejak dari kecil telah me­­mi­liki sifat kepemimpinan. “Ia sejak kecil su­dah menjadi pe­mimpin dan di-angkat ketua oleh ka­wan-kawannya”, tu­tur Nyakwa Safiah salah seorang teman seper­mainannya se­jak kecil. Abuya ini memang memiliki sifat melindungi dan suka membantu. Ba­nyak kesulitan yang dihadapi te­mannya  tanpa di­min­ta dengan ringan tangan memban­tu­nya. Diceritakan o­leh Abu Kama (panggilan yang sering disapa untuk Abu Syech Kalamuddin). Abu Kama pergi men­jala ikan di KruengMeu­kek pada malam hari. Beliau me­ngajak Abdul Hamid dan adiknya Abdul Majid. Saat menjala ikan jaring tersangkut dida­sar sungai. Abu Kama su­ruh Abdul Majid turun ke sungai un­tuk melepas jala yang sangkut, tapi Abdul Majid merasa ke­beratan, bo­leh jadi karena malam dan dingin. Melihat ke­adaan itu, sang Abang, Abdul Hamid tanpa disuruh oleh Abu beliau lang­sung turun untuk menyelam dan mele­pas­kan jala yang tersangkut itu. “Itulah sifat Abdul Hamid dari kecil se­nang membantu”, kata Abu Kama suatu ke­tika.
Sifat suka membantu dilakoni Abuya ini sampai be­liau wa­fat. Malah bukan hanya itu, beliau suka me­nganggap se­mua orang itu baik dan dianggap sama se­perti beliau. Ka­­rena itu, banyak orang minta se-suatu jika beliau punya tan­pa ta­nya ini dan itu, langsung di­berikan. Tentu saja, di­antara o­rang yang meminta ka­re­na memang butuh, adapula yang me­manfaatkan si­tu­asi. Dia melihat abu tidak ba­nyak seleksi dalam mem­bantu seperti itu, ada pulaorang yang berkhianat dan sengaja memanfaatkan keadaan. Di­antara  ba­nyak orang yang jujur, ada pula o­rang yang “meu­­ku­wet bak akhe” (khianat dan pada ujungnya ada pe­nging­karan). Se­mu­la nampaknya jujur, tetapi be­be­ra­pa wak­tu kemudian mu­lai bertingkah. Abuya biasanya jika su­dah membatu (jika itu kecil) tidak diingat lagi dan juga tidak pernah disebut. Banyak pula dijumpai, o­rang yang mengembalikan pinjaman­nya tan­pa te­ringat lagi oleh  abu­ya. Mereka datang dan mem­ba­yar­­nya kem­ba­li pin­ja­man atau mengembalikan barang yang di­pin­jam.
Abuya sejak muda disamping suka berdagang juga su­ka be­ternak. Selagi belajar di Bustanul Huda Blang­pi­die,Ab­­dul Ha­mid muda memelihara kerbau. Pada sa­at beliau te­­lah mengajar di Krueng Batee, ia me­mi­li­ki lebih dari 40 ekor ker­bau. Datang orang untuk min­ta pelihara kerbau itu dalam bentuk “mawah” atau ba­gi hasil dan sekaligus dapat di­gu­na­kan untuk mem­ba­jak sawah. Sehingga kerbau be­liau yang jum­lahnya re­lative banyak itu di­bagikan untuk dimawah­kan ke­­pada orang yang meminta. Nyatanya, dian­tara banyak o­rang yang jujur, dijumpai pula tidak sedikit yang mem­punyai sifat kurang baik, berkhianat atas keper­ca­yaan. Banyak ker­bau beliau disembelih atau dijual tan­pa diketahui dan tanpa izin beliau. Anehnya, per­la­ku­an khia­nat dari orang yang se­mu­la diberi ke­per­ca­ya­an tidak di­upayakan tindakan hu­kum walaupun pe­ni­puan telah di­lakukan secara nyata. Biasanya komen­tar beliau enteng saja, “harta Allah ka geucok teuman, meunyo jih khianat dipeutang­gong keudro dikeu Allah si­ngoh”. Biasa­nya ko­men­­tar beliau hanya itu.
Pada tahun 1979, seorang pengusaha kilang kayu da­tang ke Rau­dha­tul Ulum. Abuya saat itu sedang mem­­ba­ngun ru­ang belajar yang memerlukan papan dan kayu. Abuya me­nyam­­paikan kebutuhan papan dan kayu untuk bangunan yang sedang dibuat. A­khir­nya terjadi transaksi pem­belian ka­yu untuk ba­ngu­nan de­ngan harga beberapa juta saat itu. Abuya tanpa cu­ri­ga me­nyerahkan sejumlah uang sesuai ke­se­pa­katan hanya dengan membuat catatan pada kuitansi saja. Ter­nyata pengusaha kilang kayu itu ne­li­kung, tidak me­nepati janji dan khianat. Ia tidak pernah datang lagi menjumpai abu dan mekirim utusanpun ia meng­hin­dar. Dalam keadaan se­per­ti itu abuya ber­ko­men­tar ri­ngan “semoga Allah memberi ke­sadaran padanya, mem­buka hati­nya untuk bertaubat, ka­re­na uang yang dia telikung itu uang bangunan agama”. Ha­nya itu ko­men­tar beliau. Banyak orang merasa geram dan me­min­­ta izin pada beliau untuk datang merampas har­ta­nya atau me-ngam­bil paksa terhadap apa yang telah diing­ka­ri­nya. Te­tapi Abu melarang. Biar Allah membari kesadaran ke­pa­danya. Memang benar. Tidak terlalu la­ma kilang kayu itu bangkrut dan yang bersangkutan terserang liver akut dan da­lam beberapa bulan mati. Kisah ini nyata telah terjadi. Begitu juga terhadap ber­bagai khianat yang telah di­la­kukan orang terhadap ke­per­cayaan beliau. Dalam soal peme­liha­ra­an ker­bau mi­­salnya, ada orang yang jadi lun­tang lantung pa­da­hal se­belumnya berada, punya harta, ru­mah dan sawah, tetapi ka­re­na khianat terhadap ke­per­cayaan yang di­be­rikan, hidup papa, luntang lantung dan sa­kit-saki­tan. Begitulah.
Dalam hidup beliau, nampaknya amat jarang be­li­au ber­­suara keras apa lagi memaki atau teumeunak. Beliau se­la­lu berkata-kata lembut dan bertutur san­tun. Prilaku santun ini­lah yang lebih menonjol dalam keseharian be­liau. Sifat lem­but dan santun itu tidak me­ngurangi sifat ketegasan beliau. Dalam hal-hal prin­sip, sikap beliau sangat tegas. Pada tahun 70-an, ke­bi­ja­kan Orde Baru  saat itu, untuk melang-geng­kan ke­ku­asaan dan pemerintahan, maka pada setiap pemilu go­­lo­ngan tertentu harus me­nang. Untuk mencapai tu­ju­an itu, suatu kewajiban dari ke­pala daerah untuk men­­sukseskannya, dan keberhasilan itu pula yang men­jadi tolok ukur keber­ha­si­lan kepala daerah.



                                        Abuya menerima tamu dari Lhokruet (Danramil Kecamatan Samponit) 
                                        Aceh Jaya (dulu masih Aceh Barat).



Abuya Syech Hajji Abdul Hamid Kamal bersama Tgk. Hajji Abdul Ghaffar Lhoknga
dalam satu petemuan di Lhamlhom Lhoknga  Aceh Besar.

Di Aceh, untuk meme­nang­kan golongan tertentu se­ca­­ra mut­lak amat sulit, karena itu ada kebijakan un­tuk men­dekati pa­ra teungku dan ulama agar mereka dapat men­du­kung pro­gram itu dan ikut bersama-sa­ma mensuk­ses­kan­nya.
Sikap abuya dalam politik sangat tegas. Seorang teung­ku, ulama dan pimpinan dayah sebaiknya tidak ber­­politik praktis dan ikut menjadi anggota dalam par­tai politik atau golongan tertentu apalagi untuk duduk dalam ke­peng­u­ru­san. Hal itu sa­ngat dipegang abuya karena keberadaan teungku, ulama dan pimpinan da­yah harus men-jadi milik semua umat bukan mi­lik par­tai atau golongan tertentu. Ka­rena itu, banyak pe­ngu­rus partai politik yang berkunjung ke­rumah be-liau, min­ta pendapat dan doanya. Dan semua o­rang yang da­tang dari par­tai politik apapun akan dila­ya­ni­nya dan diberi perlakuan yang sama. Kesempatan itu ba­nyak dimanfaatkan oleh Partai Per­satuan Pembangunan yang me­na­makan dirinya sebagai partai umat Islam. Pe­­ngu­rus partai ini setiap saat me­ngun­ju­ngi beliau dan minta pen­dapat dan doanya. Walaupun perla­ku­an dan pelayanan yang diberikan abu sama saja ke­pa­da siapapun yang ber­kun­jung dan dari partai atau or­ga­nisasi mana saja tetap di­la­yani secara baik. Jika di­ta­nya­kan hal ini kepada abuya, be­liau dengan en­teng men­jawab, “Nabi dulu bukan hanya Abu Bakar yang di­terima, te­ta­pi Abu Lahab juga dilayani”.
Begitulah. Suatu ketika pada awal tahun 70-an, sa­at itu Bupati Aceh Selatan dijabat oleh Drs. Sukardi Is. Agak­nya sang bupati punya beban untuk meme­nang­kan golongan ter­ten­­tu dalam pemilu yang se­bentar la­gi akan dilang­sungkan. Pe­milu itu dilaksanakan pada ta­hun 1973. Untuk itu bupati melakukan pendekatan ke­pada ulama, teungku dan pinpinan dayah atau pe­san­tren. Tentu saja, orang yang ditunjuk un­tuk me­la­ku­kan pendekatan ini telah di­ba­gi menurut ting­ka­tan­nya masing-masing, ada yang ca­mat, bu­pati atau gu­ber­nur atau berbagai pihak lain yang di­tunjuk. Pada suatu hari, da­tang bupati Sukardi Is be­ser­ta be­berapa orang rombongan (atau pengurus organisasi po­li­tik?) ke rumah beliau di Blang­pidie. Kedatangan bupati tan­pa diberi tahu se­hingga abuya masih didalam kamar khusus beliau (kamar itu  diba­ha­gian depan yang pin­tu­nya langsung menghadap ruang tamu yang bia­sa­nya kamar itu orang menyebutnya dengan kamar iba­dat). Abuya me­mi­liki dua kamar yang digunakan langsungoleh beliau di rumah Blangpidie. Satu kamar tidur yang di­gu­na­kan hanya pada malam hari dan satunya la­gi kamar khusus un­tuk ibadah dan telaah kitab. Bi­a­sa­nya jika beliau di Blang­pi­die, pagi hari setelah dhuha beliau melanjutkan de­ngan me­ne­la­ah kitab di dalam ka­mar khusus beliau tersebut.
Setelah diterima oleh beberapa orang murid beliau di­lu­ar, bu­pa­ti diarahkan langsung masuk ke kamar khu­sus ter­se­but. Terjadi pem­bicaraan yang amat se­ri­us. Inti pem­bi­ca­raan, sang bupati menga­jak abuya ikut bersama-samamem­per­ku­at golongan tertentu dalam pe­milu kedepan.”Lon trouk keu­no bersilaturrahmi de­ngon abang, beujeut keuh ta­nyo meu­sama tapeu­ku­at pemerintah yang na nyo, se­hingga tanyo jeut ta ba­ngun nangro nyo leubeh jroh ukeu” (saya datang ke sini untuk bersiraturrahmi dengan kanda, saya ha­rap­kan kanda dapat bersama-sama kita per­kuat pe­me­rin­tah yang ada ini, sehingga kita dapat mem­bangun da­e­rah dengan lebih baik lagi ke depan) katanya. Tak la­ma kemudian ia melanjutkan, “bang pih jeut taban­gun dayah ta­nyo, dan lagenyan cit bang jeut tabantu ken­deraan ……………..” (kanda juga dapat kita bangun Da­yah, dan begitu juga untuk kanda perlu dibantu ken­de­ra­an…….). Karena ada sesuatu yang boleh jadi ti­dak enak di­de­ngar,Abuyapun dengan tegas men­ja­wab. “hai Kardi, lon kon aneuk mit jeut kapeuraba sibon-bon. Sikap lon ka jeulas. Siebago teungku dayah dan Siebago leubee dalam ma­sya­ra­kat hana ikot meu­po­litik, meunyo na ureung laen nyang ka ikot meu­po­li­tik nyan urusan dro maseng-maseng” (hai Kardi…, sa­ya bukan anak kecil yang boleh kau hibur de­ngan per­men. Sikap saya sudah jelas, sebagai teungku ti­dak ikut berpolitik praktis. Jika ada orang yang berpolitik itu adalah urusan masing-masing­). Sete­lah itu, senyap, dan Sukardi sebagai bupati tertunduk. Tak lama kemu­dian pa­mit untuk kembali ke Tapak Tuan. Begitulah ke­te­gasan be­liau kalau berhubungan dengan hal-hal yang prin­sip.
Abuya dalam tutur sangat santun dan tidak pernah me­­nim­bul­kan suara gaduh, keras atau memaki. Teu­meu­nak bo­­leh jadi tidak per­nah di­dengar oleh sia­pa­pun maupun da­lam keadaan marah sekalipun. Ka­rena si­fat lembut inilah ba­nyak orang yang dulunya bang­sat, setelah kete­mu be­liau be­rang­sur-angsur berubah men­jadi taat dan ber­ke­inginan un­tuk be­la­jar agama wa­laupun dengan keadaan yang sangat pa­­yah karena ma­sih berkawan dengan sihee atau hatinyapun sudah “beu­nak”. Jika bertemu dengan o­rang yang belum ter­sen­tuh hatinya untuk menjalankan agama di tempat ter­tentu, di ken­duri atau di­berbagai tem­pat lainnya, orang tersebut di­a­jak duduk berdempetan pa­ha dan makanan un­tuk yang ber­sangkutan dibuat dan di­sa­jikan o­leh abu sendiri. Orang yang belum tersentuh ha­tinya dengan agama ti­dak pernah diting­gal­kan oleh abu. Orang-orang seperti itulah yang di­layani se­ca­ra sungguh-sungguh.
Suatu ketika abuya bertemu dengan sesorang yang me­ng­a­malkan ilmu yang salah dan cenderung berte­man de­ngan jin disuatu tem­pat hajatan masyarakat. Abu da­tang ke­pa­da orang tersebut dan me­magang ta­ngan­nya untuk me­ngajak naik kerumah dan duduk ber­­­dam­pingan dengan be­liau. Bu­kan hanya sekedar itu, tetapi minuman dan maka­nan­nyapun abu sendiri yang buat dan menya­jikannya. Se­la­ma duduk ber­sama itu, terjadi pem­bi­ca­ra­an yang santai, akrab dan se­rius. Tidak lama setelah dilayani itu, ia telah sering ber­kun­jung ke rumah abuya di Blang­pidie dan telah mem­bu­ang amalan jeleknya. Karena se­riusnya ia belajar dan meng­a­mal­kan apa yang ia telah da­pat­kan, beberapa waktu mudian o­leh masyarakat di­angkat sebagai “teung­ku sago” yaitu o­rang yang menanga­ni aga­ma di desanya.
Selama beliau menjadi imam dan khatib di masjid jamik Blang­pidie mulai dari 1949 sampai 1980, tidak per­­nah terjadi konflik dengan berbagai pihak. Di Aceh  Se­­la­tan dijumpai ada dua aliran peng­a­malan agama  yang saat itu sangat mu­dah ber­­singgungan dan me­nim­bulkan perbe­daan dan konflik. Se­lama beliau men­ja­di imam dan khatib di masjid jamik Blang­pidie, ber­ba­gai pihak dan aliran tidak menimbulkan perseli­sih­an yang tajam. Walau­pun di masjid jamik (masjid besar di kota Blangpidie dan merupakan masjid rujukan dari masjid-mesjid lain) menjalankan iba­dah menurut fa­ham ahlussun­nah wal jamaah dan ber­maz­hab Imam Syafiie,misal­nya, me­ne­rapkan azan Jumat dua kali, khatib tetap memagang tong­kat, taraweh dua puluh rakaat dan di­tam­bah lagi dengan sha­lat tashbih, ken­duri maulid dan dike (zikir mauled) juga seca­ra besar-besaran, dan hal-hal lain tetap dija­lan­kan, tetapi per­pecahan tidak pernah terjadi. Biasanya perbedaan yang rawan ter­ja­di saat mengawali puasa, penetapan hari raya iedul fitri dan iedul adha. Tetapi abuya tidak membuat kon­flik. Jika ter­jadi perbedaan an­ta­ra satu pihak dengan pi­hak la­in­nya, bukanlah perbedaan yang diton­jol­kan, akan te­tapi dicari kesa­ma­an­nya. Boleh ja­di, kesejukan yang ter­jadi di­da­sar­kan oleh sikap beliau me­li­hat hukum penetapan awal bu­lan dalam pene­tapan bulan qama­riah. Di samping beliau me­la­kukan hisap dan menghitung keberadaan peredaran bu­lan(sehing­ga dapat menetapkan anak bu­lan) untuk me­ne­­tap­kan awal ramadhan atau awal syawwal, abu­ya me­lakukan pula ruk­yah. Abu selalu mengutus orang un­tuk me­­li­hat bulan atau melakukan rukyah pada ber­ba­gai tem­pat dan menjalin hu­bu­ngan komunikasi de­ngan ber­bagai pihak. Disamping itu, abu ju­ga me­man­tau pene­tapan awal hari bulan yang dilaku­kan oleh pe­merintah. Prinsip dasar yang dipegang abuya ada­lah; jika peme­rin­tah menetapkan awal rama­dhan dan awal sya­wal melalui rukyah, jika di dae­rahnya tidak di­jum­pai ruk­yah, maka ketetapan pe­me­rintah itu dapat diikuti oleh umat mus­lim di berbagai dae­rah di In­donesia. Apalagi ada pen­da­pat ulama terdahulu yang dinukilkan dalam kitab pegangan san­tri dayah yang menyatakan, jika rukyah terjadi di timur maka orang di wilayah barat dapat menjadikan rukyah itu sebagai dasar menetapkan awal ra­ma­dhan atau syawwal. Si­kap dan cara yang dianut abuya tidak me­nim­bulkan friksi yang tajam an­tar umat. Sangat dipahami bahwa ber­bagai da­e­rah lain me­rujuk ke Blangpidie dalam me­ne­tap­kan awal ramadhan atau syawal, karena itu selama beliau masih hidup tidak per­nah ter­ja­di per­be­da­an yang tajam sehingga dapat memecah belah u­mat.
Kelembutan dan tutur yang santun dari abuya di­akui oleh berba­gai pihak. Biayana Kamal tokoh Mu­ham­madyah Aceh Barat Daya da­lam bebe­rapa ke­sem­pa­tan kepada pe­nulis menyampaikan kekagu­man­nya kepada cara berko­mu­­ni­kasi abuya. “Secara faham da­lam beribadah, saya de­ngan be­liau berbedaan tetapi dalam berdiskusi, ko­mu­ni­kasi dan sila­tur­rahmi saya dengan beliau sangat akrab, ka­rena beliau sa­ngat men­­dengar pendapat dan pan­dang­an orang lain, se­hing­­ga komunikasinya dapat berjalan dengan baik”, ka­tanya suatu ketika.
Pada tahun 1973 ada musyawarah ulama di Pa­dang Su­ma­tera Ba­rat. Dari Aceh diundang beberapa teng­ku dan ula­ma. Dari Banda Aceh rom­bongan ter­se­but berangkat da­­lam sa­tu bus. Ikut rombongan ter­se­but ulama dari berbagai kabu­paten di Aceh baik yang senior seperti Abu­ya Jailani di Ku­ta­fajar, abuya Hamid di Blangpidie, Abu Lhung Ie dan Teungku Muhammad (Perti) di Aceh Besar, Abu Tanoh Mirah, Abu Aziz Sa­ma­langa dan ba­nyak juga teungku-teungkulain se­per­ti Teungku Banta Syam Meulaboh, TeungkuAbu Bakar Teunom dan yang lain­nya. Diantara abu-abu yang ha­dir ada yang suka pe­ma­­rah. Jika ada sesorang yang ter­lambat si­ap dalam per­ja­lanan, beliau sering ngo­mel. Suatu ketika dalam perjalanan rom­bo­ngan is­tirahat pagi di Sidempuan. Banyak rom­bongan menye­le­­sai­kan ber­­bagai urusan pribadi, cuci muka, shalat, ada pula yang mandi, makan dan banyak urusan la­in­nya. Karena ba­nyak tengku-teungku yang belum sara­pan sedang­kan jadwal berangkat sudah harus di­mulai, maka bebe­ra­pa teungku su­dah mulai gelisah karena belum menye­lesaikan sarapan pa­ginya, ter­masuk da­lam keadaan ce­mas itu adalah Teungku Ban­ta­syam. Sa­at itu, Abuya  su­dah berkemas untuk me­ning­­galkan tem­pat istira­hat­nya akan naik kembali ke bus, Teungku Banta­syam datang memohon agar abu tidak naik dulu ke bus, me­nunggu sebentar hingga mereka menye­le­sai­kan sa­ra­pannya. Abuya dengan rela me­nunggunya, sehingga abuya ba­ru naik ke bus ber­sa­ma-sama dengan mereka, se­hing­ga mereka itu sela­mat dari dimarahi oleh abu yang le­bih senior yang telah dulu naik ke bus dan telah lama me­nunggu. Abu Hamid bukan hanya melindungi dan mem­ban­tu ma­sya­rakat tetapi juga membantu teung­ku-teungku yang lebih muda.
Sikap dan penampilan abuya yang teduh diakui o­leh ba­nyak pi­hak. Ka­re­na itu, tamu yang datang ke ru­mah be­liau ba­ik di Blangpidie maupun di Krueng Ba­tee ataupun ke Da­yah Raudhatul Ulum terjadi terus me­­nerus. Dan seti­ap tamu dilayani beliau. Banyak o­rang datang untuk berta­nya tentang agama atau ber­kon­sultasi tentang berbagai hal. Semua yang datang dilayani secara baik. Ada yang da­tang menyam­paikan tentang problem keluarga, abuya be­ru­paya untuk men­­da­mai­­kan­nya. Banyak masalah yang di­se­lesaikan abuya secara damai dan penyelesaian­nya sa­ngat se­der­hana.
Kepiaweyan abu dalam memahami masalah, pen­da­pat orang lain dan berkomunikasi dengan sejuk itu diakui oleh Muji Budiman se­orang tokoh politik Aceh dan mantan aggota DPR. “Abu Hamid Blang­pidie sa­ngat mema­ha­mi ko­munikasi politik. Banyak saran pe­nye­le­sai­an masalah di­sam­­paikan be­liau dengan pi­ki­ran yang tepat dan sangat jer­nih. Kita mudah me­ma­ha­minya dan tidak perlu dide­batkan” katanya. Me­mang banyak pikiran-pikiran beliau ke­pada orang-o­rang po­litik pada berbagai tingkatan disam­paikan. Da­lam banyak kesempa­t­an beliau selalu sam­pai­kan, “rak­yat punya wakil di lembaga pemerin­ta­han. Jika ada pemikiran, saran dan masa­lah sampaikan, sehingg pi­kir­an dan masalah kita akan dibawa ke forum yang tepat dan dapat diselesaikannya”. Karena itu, beliau ba­nyak berkomunikasi dengan ber­ba­gai pihak, mi­sal­nya dengan Amelz di Jakarta,Tgk. Muhammad Saleh anggota DPR asal Aceh, Tgk H, Jamaluddin Wali, Muji Budiman, H. Syah­minan dan masih banyak yang lain. Korespodensi dila­kukan me­la­lui surat, saat beliau berkunjung atau saat me­re­ka datang ke rumah beliau. Luasnya korespodensi yang di­la­ku­kan abuya itu oleh Muji Budiman sering me­nye­but­nya “Abu Hamid Blang­pidie sebagai Ulama Dip­lomat” yang amat jarang di­jumpai dalam kalagan ulama pesantren. **
                                                      Tgk. H. Jamaluddin Waly  bersama Abuya Syech H. Abdul Hamid Kamal 
                                                       di Gampong Alue Teungku Muda Alue Rambot Aceh Selatan.

                                                    Abuya sekeluarga di Blangpidie 

(Suplemen):
Mampu Menengahi Perselisihan
 Pada tahun 1970-an, partai politik di Indo­ne­si­a di­per­­ke­cil, da­ri partai yang jumlahnya banyak men­ja­di ti­ga partai sa­ja. Partai-partai itu adalah Golongan Kar­ya (Gol­kar), Par­tai Per­satuan Pembangunan (P3), yang merupakan ga­bu­ngan par­tai-partai yang ber­azas­kan Islam, dan Partai De­mok­rasi In­do­ne­sia (PDI) yang me­ru­pakan fusi dari par­tai-par­tai nasionalis dan juga par­tai non muslim.
 Setelah terjadi fusi dari beberapa partai ke dalam Partai Per­satuan Pembangunan (P3) maka di Ka­bu­pa­ten Aceh Se­la­­tan diadakanlah Musyawarah Da­e­rah un­tuk memilih struktur organisasi partai dan hal-hal la­in yang ber­hu­bu­ngan dengan itu. Musyawarah diha­di­ri berbagai tokoh dan pe­muka-pemu­ka politik dari partai yang berfusi. Se­mu­la pa­nitia pelaksana ber­ha­rap musyawarah tersebut dapat ber­lajalan adem dan se­juk tetapi dalam pe­lak­sa­na­annya ter­sandung kerikil-ke­rikil tajam, terutama saat pe­mi­lihan ke­tua. Dalam po­litik kese­pe­ka­tan tentang arah ja­lannya par­tai lebih mu­dah diperoleh ke­se­pakatan di­bandingkan dengan me­nentukan pemimpin par­tai. Saat sesi pe­nen­tu­an ca­lon ketua terjadilah perdebatan ta­jam dan sangat su­­sah ditemukan persamaan. Dalam hu­bung­an ini, ke­pen­­ti­ngan perorangan atau kolektif menjadi dida­hu­lu­kan.
   Disesi penentuan calon ketua terjadi perdeba­tan yang tak be­r­ujung, karena muncul banyak calon ketua dari ber­ba­gai daerah dan dari berbagai asal organisasi yang ikut ber­fusi. Muncullah calon ketua dari berbagai daerah dan organisasi. Ada calon dari Singkil, dari Ba­ko­ngan, dari Klut Utara, dari Tapak Tuan, dari Meu­kek, dan dari Blang­pidie. Ma­sing-ma­sing calon itu me­la­kukan monuver-monuver ter­­sendiri se­hing­ga jalan­nya musyawarah men­jadi tersen­dat, dan ini per­tanda tidak baik untuk sebuah organisasi Is­lam saat itu.
   Saat kebuntuan jalannya musyawarah, ada saran pen­­dapat dari peserta yang mengusulkan masalah ter­se­but per­lu di­kon­sultasikan dengan ulama. Disaran­kan­lah be­be­ra­pa ulama yang perlu dikonsultasikan dan dikirimkan utu­san secara lang­sung yaitu dian­ta­ra­nyan kepada Abu Ad­nan Mahmud di Bakongan, Teung­ku Zamzami di Sing­kil, Abu Jailani Musa di Kota Fa­jar dan Abu Hamid Kamal di Blang­pi­die. Abu Adnan, Abu Jailani, Tgk. Zamzami, dan beberapa yang lainnya yang dihubungi memberikan pen­dapat dan na­sehat secara lisan un­tuk disampaikan dalam musya­wa­rah ter­sebut. Abu Hamid Kamal disampaing ter­jadi diskusi de­ngan utusan musya­wa­rah beliau menya­ta­kan akan ha­dir sebagai penasehat dalam musyarah ter­sebut, te­ru­tama khu­sus tentang pemilihan ke­tua saja. Hal itu dilakukan me­ngingat jika perselisihan terjadi  diawal or­ganisasi seperti itu maka partai yang menyatakan di­rinya wadah umat Is­lam itu tidak berarti lagi. Abuya me­na­ruh perhatian yang sa­ngat serius tentang itu, walaupun be­liau bukan anggota partai P3 dan bukan pula pengurus partai itu. Boleh jadi panggilan hati nu­ra­ni saja yang menye­bab­kan beliau me­na­ruh per­ha­ti­an berlebih dalam pelak­sanaan mu­sya­warah partai Is­lam itu.
   Pada saat skor rapat dibuka, abuya sudah hadir di da­­lam ru­­angan. Para utusan konsultasi yang telah di­utus masing memberikan laporan tentang nasihat u­la­ma yang diha­rap­kan dapat menyelesaikan masalah. Se­mua laporan itu di catat dan didengan oleh peserta.
Karena Abu Hamid Kamal hadir di dalam ruangan ra­pat ma­ka pimpinan sidang (waktu itu siding dipimpin oleh H. Syah­minan) meminta pendapat beliau secara langsung. Abu Hamid Kamal menyampaikan berbagai hal tentang ke­utuhan orga­ni­sasi dan menjaga si­la­tur­rahmi yang harus di­ke­de­pan­kan dalam partai Islam. Tanpa silaturrahmi par­tai menjadi tidak bermakna. Ada saran yangmenarik di­sam­pai­kan beliau saat itu, ma­salah calon ketua siapapun bo­­leh, tetapi yang perlu di­sepakati adalah kriteria calon ke­­tua. Beliau secara langsung memimpin penentuan kri­te­ria calon ketua. Diantara banyak kriteria yang di­usulkan ada be­­berapa kriteria kunci yang mampu men­da­mai­kan pihak ber­se­li­sih; (1).Ketua relative fa­ham politik dan faham me­nge­­­lola organisasi. (2).Calon ketua berasal dari pe­ngu­­rus par­tai yang berfusi. (3).Untuk memu­dahkan u­ru­san de­ngan ka­bupaten, calon ketua bertempat ting­gal di Tapaktuan se­bagai ibukota kabupaten. Usulan a­bu­­ya itu secara ak­la­ma­­si diterima, dan pemilihan ketua ber­langsung mulus ha­nya setengah jam saja.
   Kriteria yang disampaikan Abuya itu menyebabkan H. Syah­minan terpilih menjadi ketua Partai Persatuan Pem­bangunan (P3) Aceh Selatan yang pertama sete­lah fusi dan kemudian terpilih pula untuk beberapa pri­ode berikutnya. Secara ke­be­tu­lan H. Syahminan be­ra­sal dari Organisasi Per­ti yang meru­pa­kan salah satu partai yang berfusi de­ngan P3 saat itu.
   Kepiawaian berpolitik itu ditambah lagi kemampuan ber­ko­mu­nikasi yang santun mampu menjembatani berbagai pihak yang tadinya beda pendapat, bersilang kata dan ber­beda ke­pentingan menjadi satu kembali. Kemampuan ini­lah yang o­leh Muji Budiman mantan Anggota DPR RI dan tokoh P3 Aceh itu menyebutnya “abu Hamid Kamal Blang­pidie, seorang U­la­ma Diplo­mat”, amat jarang ditemui ula­ma dayah yang ber­ke­mam­puan seperti itu.  Allahuyarham. (**)
  

                                                 Abuya Syech H. Abdul Hamid Kamal (foto doc. 1973.

                                      Abuya Syech H. Abdul Hamid Kamal. bersma santri Foto doc. 1975

Komentar

Postingan populer dari blog ini