BAGIAN KE SEMBILAN


Silman Haridhy

 BIOGRAFI
ABUYA SYECH H. ABDUL HAMID KAMAL
"Ulama Bersifat Diplomat"




Unit PerpustakaanYayasan AHKAM


DAYAH RAUDHATUL ULUM


VI.        BLANGPIDIE DAN KRUENG BATEE

1.     Jadwal mengajar dan kuliyah di Krueng Batee
Pada saat awal beliau di Krueng Batee, hampir se­lu­ruh waktu­nya digunakan untuk menyampaikan pela­ja­ran kepa­da santri dan ma­sya­rakat.Jadwal mengajar santri dimulai sehabis Subuh danberakhir pada pukul 7.30 atau pukul 8.00.Kemudian drah dimulai lagi pada pukul 10.00 sampai pukul 12.00. Sedangkan drah si­ang dan sore di­mulai lagi pada pukul 14.00 sampai 16.00.Adapun drah malam dimu­lai setelah isya sampai pu­kul 23.00. Inilah rutinitas Abuya Teungku H. Abdul HamidKamal (begitulah nama legkap beliau disebut orang sete­lah pulang dari haji) setiap hari. Jadwal ter­se­but ditambah atau diganti dengan kuliyah yang di­be­rikan untuk masyarakat baik di Krueng Batee mau­pun di Blangpidie.
Setelah beliau menikah pada tahun 1951, jadwal ter­sebut su­dah terbagi pula dengan kegiatan di Blang­pidie. Jika di Krueng Batee jadwal kuliyah untuk ma­sya­rakat hanya dilakukan pada setiap malam Rabu di Mesjid Mukh­lisin, maka untuk keperluan masyarakat, misal­nya, untuk bertanya atau mendapatkan pen­je­la­san dari suatu malah yang dihadapi bisa langsung da­tang kedrah di Dayah  Mimbariyah yang terbuka wak­tu setiap saat.Karena sebahagian besar waktu be­liau telah habis digunakan un­tukmengajar di Dayah Mim­ba­riyah, se­hing­ga jadwal ku­liyah untuk masyarakat hanya satu malam saja dalam seminggu yaitu pada ma­lam Rabu.Sedikitnya jadwal ku­liyah untuk ma­sya­ra­kat Krueng Batee karena abu Hamid dapat menerima ma­­sya­ra­kat untuk berkunjung kapan saja serta mem­be­rikan penjelasan bu­kan hanya di bidang agama te­tapi juga memberi nasehat dalam berbagai bi­dang lainnya.Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika ba­nyak orang yang dulunya tergolong bangsat (tidak mema­hami agama dan boleh disangka juga sedikit na­kal dari segi sosial), setelah bertemu denganbeliau ta­biat nakal dan jauh dari agama itu akan be­ru­bah men­jadi taat. Pendekatan yang dilakukan beliau terhadap mem­perbaiki akhlak manusia sangat mengagum­kan. Jika dalam ja­muan terdapat orang yang sedikit tidak ba­ik akhlaknya, beliau me­manggil untuk duduk disam­pingnya. Beliau melayani orang itu dengan se­sung­guh hati, misalnya mengangkat dan me­nyu­guh­kan sendiri air un­tuk tamunya, mengajak tamunya ma­­kan bersama dan berbagai ma­cam pelayanan pri­ma lainnya. Saat dalam jamuan itulah beliau mem­bim­bing mereka untuk percaya  dan iman kepada Allah ser­ta ber­pe­ri­la­ku yang baik terhadap Allah dan ma­nusia. Kesan yang dibentuk se­per­ti itulah menarik mi­nat orang untuk mendalami agama dan me­ng­u­bah pri­laku sosialnya. Kesantunan beliaulah yang menarik orang untuk betah duduk berlama-lama bersama be­liau baik di Dayah maupun di rumah beliau. Begitulah keadaannya.

2.     Jadwal kuliah untuk masyarakat Blangpidie

Di Blangpidie,Abuya Tgk. H. Syech Abdul Hamid Ka­mal kegiatannya ter­golong padat. Berbagai kegiatan beliau dimulai setiap Kamis sam­pai dengan Minggu sore. Beliau pulang dari Krueng Batee ke Blang­pidie pada setiap Kamis sore setelah ashar, dan baru be­rangkat kem­bali dari Blangpidie ke Krueng Batee pada setiap Minggu sore. Begitu­lah rutinitas jadwal kebera­da­an beliau setiap minggu.
     Kegiatan beliau di Blangpidie tergolong sangat pa­dat. Setelah sam­pai di Blangpidie Kamis sore, beliau bergegas  ke Kuta Tinggi, kare­na pada Kamis malam a­tau malam Jumat beliau memberi kuliyah un­tuk ma­sya­rakat di Mesjid Jamik Kuta Tinggi. Jadwal kuliyah tersebut ber­lang­sung mulai setelah isya sampai kira-kira pukul 23.00. Hari Jumat pagi beliau membuka pula drah untuk santri Bustanul Huda di ru­mah beliau sampai dekat pukul 11.00 siang. Kemudian bersiap-siap un­tuk ke masjid jamik Blangpidie karena beliau sebagai khatib tetap di masjid itu. Selepas Jumat, be­liau memberi pula kuliyah kepada kaum ibu di Dayah Perempuan Bustanul Huda yang berada tepat di de­pan rumah beliau. Kuliyah ini sampai dengan ashar. Ma­lam hari atau malam Sabtu melanjutkan pula kuli­yah untuk masyarakat di Mesjid Jamik Baitul Adhiem Blang­pidie yang dimulai setelah isya sampai pukul 23.00.
     Adapun jadwal pada hari Sabtu, pagi hari sekitar pu­kul 9.00 beliau mengajar kitab fikih, hadis dan tafsir pada kelas putri di dayah putri Bustanul Huda sampai pukul 11.30. Setelah dhuhur, beliau me­nga­jar pula (membuka drah) untuk orang dewasa di rumah beliau dan kadang-kadang mengambil tempat juga di Dayah Perempuan di depan rumah beliau dengan mata pe­la­ja­ran pembahasan kitab fikih, tafsir, hadist dan tasauf. Drah tersebut berakhir ashar. Pada Sabtu malam (ma­lam Minggu) beliau memberi kuliyah pula di Mesjid Keudee Siblah dan selanjutnya digabung pula dengan memberi kuliyah kepada ma­sya­rakat di Meunasah Jalan Manyang. Pada pagi Minggu, sekitar pukul 9.00 beliau melanjutkan membuka drah untuk santri putri di dayah putri Bustanul Huda sampai pukul 12.00 atau dekat dhuhur. Sore hari setelah shalat Ashar, abuya H. Abdul Hamid Kamal berangkat menuju Krueng Batee untuk melanjutkan pula kegiatan di daerah tersebut.
     Begitulah rutinitas kegiatan beliau sepanjang ming­gu, dan itu berlangsung bertahun-tahun. Kegiatan itu mulai dilakukan sejak beliau ditugaskan ke kemu­ki­man Krueng Batee oleh Abu Syech Mud pada ta­hun 1947 sampai dengan tahun 1980 saat ajal menjemput beliau. Be­gi­tulah cara pengabdian beliau untuk ma­sya­rakat di daerahnya. Se­mo­ga kegiatan yang dila­ku­kan itu dengan ikhlas menjadi amal ibadah yang baik dan dapat mengantarkan beliau ke al jannatun naim ….. amin.



3.     Berupaya menulis kitab
Tidak banyak yang tahu bahwa abuya Syech Haji Ab­dul Hamid Kamal memiliki kemampuan dan ber­ke­i­ngi­nan menulis kitab berba­ha­sa arab. Dalam suatu pem­bicaraan dengan murid-muridnya yang telah ter­go­long alim beliau selalu menganjurkan agar mereka da­pat menulis ilmu yang dimiliki dalam bentuk tulisan baik arab ataupun melayu se­hing­ga ilmu penge­ta­hu­an­nya dapat dipahamioleh masya­ra­kat,  bukan ha­nya saat mereka masih ada, tetapi juga ja­uh setelah mere­ka telah tiada kelak. Beliau selalu mence­riterakan ten­tang keinginannya untuk menulis kitab dalam bahasa arab dan juga bahasa melayu huruf arab jawi. Pada sa­at membangun Dayah Mim­bariah dan juga saat mem­bangun Dayah Radhatul Ulum, beliau berupaya menu­lis ki­tab berbahasa arab tentang ushul fiqh dan juga ta­rikhul ulum (kitab sejarah). Disamping dua kitab tersebut beliau juga menulis kita wirid amalan berupa wirid dan doa-doa amalan yang dipat dibaca dan di­a­mal­kan oleh kaum mus­limin. Tapi sayangnya tulisan be­liau itu hanya dalam ben­tuk naskah tulisan tangan saja dan masih dalam bentuk tulisan draft awal yang belum diedit dan belum diterbitkan untuk dicetak. Wa­laupun demikian tulisan beliau itu sudah cukup memadai jumlah halamannya. Rata-rata tulisa kitab kar­ya beliau itu telah melebihi 50 halaman tulisan ta­ngan pada kerta folio.
Tidak terlaksananya penulisan kitab tersebut secara sempurna bisa jadi karena padatnya jadwal kegiatan be­liau. Sepertinya tidak ada hari yang kosong bahkan bukan hanya pada siang hari, tetapi juga pada malam hari. Boleh jadi karena padatnya kegiatan itu tulisan be­liau dalam ben­tuk kitab berbahasa arab dan ber­ba­ha­sa melayu itu tidak terselesaikan secara final.
Setelah beliau berpulang ke rahmatullah, dalam wak­tu yang lama orang melupakan tulisan abuya ter­sebut. Sete­lah beberapa tahun kemudian banyak mu­rid-murid beliau teringat kepada draft tulisan kitab yang ditulis beliau yang pernah dinampakkan kepada be­berapa murid, dicarikan kembali tapi belum di­te­mu­kan sampai saat ini.
Kebiasaan menulis memang dilakoni beliau. Pada sa­at mem­beri kuliyah dan ceramah banyak orang min­ta agar beliau menuliskan amalan yang dapat dibaca setiap waktu. Dan, tulisan amalan itu ba­nyak pula yang ditulis beliau dalam buku tulis baik buku tulis ti­pis mau­pun yang agak tebal. Tentu saja untuk me­ngum­pulkan berbagai tulisan itu kembali setelah tiga pu­luh enam tahun kemudian akan menemui banyak ha­langan. Hambatan itu bukan hanya sulit dikum­pul­kan karena orang yang menerima tulisan amalan itu­pun telah tiada, juga mungkin banyak yang telah ru­sak.
 

 
Abuya sangat aktif melakanakan pembangunan. Ini salah satu kegiatan beliau menandai pembangunan masjid Mukhlisin Krueng Batee.


                                                                   Saat menelaah kitab kepada muridnya.



Suplemen:
Menghidupkan Syiar

Di Dayah Raudhatul Ulum setiap perayaan hari-hari besar Islam dirayakan secara semarak. Walaupun lis­trik belum ada, abuya memerintahkan memasang lam­pu stongkeng (strom king?) di setiap tempat se­hing­ga  lokasi dayah men­jadi terang benderang. Se­ti­ap acara di dayah Raudhah abu­ya menyuruh pasang lampu dalam jumlah yang banyak, dan masyarakat se­ki­tar sudah mafhum, enggak haruis di­min­ta mereka su­dah membawa lampu strongkeng dari ru­mah masing-masing. Sore hari puluhan lampu sudah ter­pasang di Raudhah dan masing-masing tempat ada pe­tugas yang menjaganya.
   Di Dayah Raudhah perayaan peringatan hari besar Islam dilaksanakan setiap waktu, dan setiap kegiatan mengun­dang penceramah dari luar. Suatuketika pada peringatan Maulid Nabi abuya mengundang Teungku Muhammad Sa­leh menantu Abuya Syech H. Hasan Krueng Kalee dan juga anggota DPR RI saat itu. Khabar p[enceramahnya Teungku M. Saleh berkembang pesat da­lam masyarakat sehingga sejak maghrib Raudhah di penuhi pengunjung. Saat itu sangat berguna banyak­nya lampu stongkeng yang dipasang se­hing­ga masya­ra­kat dengan leluasa memilih tempat duduk dimana suka. Begitumpula pada berbagai peringatan lain­nya, ada yang didatangkan murid beliau misalnya Teungku Ba­syah Teunom yang berdomisili di Bireun, ada Teungku H. Jama­luddin Waly yang tinggal di Banda Aceh, ada Teungku H. Mustawa dari Labuhan Haji, dan ada pula Teungku Muhammad Syam Marfaly dari Darussalam.
Para da’i itu diundang untuk menyampaikan dakwah­nya yang ber­tu­juan untuk menam­bah pengetahuan masyarakat dan mengajak mereka untuk taat kepada Allah. Dalam ma­salah dakwah di Raudhah sangat jarang bahkan hamper tidak ada sama sekali me­nunjuk santri senior Raudhah untuk berceramah. Walaupun mereka ke­mam­pu­an ceramahnya tidak kalah dengan yang di­undang abuya. Santri senior Raudhah lebih banyak di­u­tus abuya sebagaim pengganti beliau untuk ber­ce­ra­mah di berbagai tempat lain.
   Suatu waktu Mukim Diwa tokoh masyarakat Kreung Ba­tee bertanya kepada Abuya, “kenapa orang Rau­dhah tidak ditunjuk untuk berceramah di Raudhah, kenapa harus didatangkan dari luar, pada hal mereka mampu berce­ra­mah dengan baik juga sudah alim” katanya. Abuya dengan santai menjawab, “kita da­tang­kan teungku dari luar seba­gai syiar dan dapat mem­beri nuansa yang lain. Mening­kat­kan syiar itu sa­ngat penting sehingga masyarakat dengan senang datang. Mereka datang karena ada teungku tamu dan pesan dakwah bisa sampai. Beda dengan teungku sen­­diri disini, mereka sudah banyak di dengar ber­dak­wah di berbagai kampong, nuansanya jadi lain” kata be­liau. Nam­pak syiar dalam berdakwah menjadi pen­ting. Dan, itulah yang dilakukan abuya. (**)



                                           Abuya Syech H. Abdul Hamid Kamal. Foto doc. 1973





Komentar

Postingan populer dari blog ini